Pasang Iklan di Sini

eCaraCara.Blogspot.com | sebuah jejak peradaban

-->

Minggu, 01 Februari 2009

Strategi SEO | Cara Untuk Meningkatkan Ranking

Studi kasus seo - strategi promosi untuk blogger

Apakah blog Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari? Mari pelajari mengapa ada yang salah pada sebuah blog/website sehingga susah ditemukan oleh robot search engine.

Kalau orang ngetik kata kunci cara menghasilkan uang di Google, senang rasanya kalo blog ini mendapat peringkat satu pada Result Page. Upaya mengoptimisasi blog perlu dilakukan agar blog mudah diindex dan dianggap sebagai konten relefan. Mari pelajari kasus seo dengan analogi di bawah ini:

Judul Artikel Yang Bermasalah

Pernah loh saya menemukan sebuah blog yang artikelnnya dijuduli artikel1, artikel2, dst. Walau kita bebas membuat judul sesuka hati bahkan memberi judul konyol seperti 1234, 5678 dan sebagainya, hal itu sama sekali tidak berguna dalam strategi seo.

Jika saya menyuruh Anda untuk mencarikan sebuah dokumen Surat Penawaran PT. eCaraCara.Blogspot.com tertanggal 21 Agustus 1996 di antara tumpukan map yang di dalamnya terdapat ratusan surat penawaran, saya menduga Anda akan membongkar semua map jika map-map itu dijuduli map1, map2,dst.

Coba bandingkan,
Jika saya mengatur (mengoptimisasi) map-map itu dengan memberinya label "Surat Penawaran", kemudian map-map itu saya kumpulkan ke dalam file-holder yang dilabeli dengan "Bulan", dan file-holder tersebut dikumpulkan lagi dalam locker berlabel "Tahun", dan locker di tempatkan pada lemari berlabel "Surat Penawaran".

Saya jamin Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk menyelesaikan perintah si Bos. Analogi ini diterapkan dalam herarki blog. Di mana setiap posting Anda akan diurut berdasar tanggal, bulan, dan tahun, serta dikelompokkan ke dalam label-label.

Jika Anda mengoptimisasi blog Anda untuk Search Engine, maka Anda tidak memerlukan untuk berkenalan dengan Search Engine. Yang Search Engine inginkan untuk blog Anda adalah konten yang user friendly. Maksudnya, konten yang mudah dieksplorasi oleh pengunjung (manusia).

Bagaimanapun juga, Pak Larry Page menciptakan Goolge untuk memenuhi kebutuhan manusia, sehingga parameter yang dijalankan adalah untuk manusia, bukan untuk mesin. Jika Anda membuat sususan file, artikel, direktori pada blog Anda untuk keperluan memudahkan manusia, maka blog Anda akan lebih baik dibanding blog lain yang judul, label dan artikelnya acak-acakkan.

Blog atau content management system dirancang agar user friendly sekaligus search engine friendly. Lalu mengapa kita membuat penamaan aneh pada file-file html kita?
.......................... ???





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.